ads header

Breaking News

Awal Berdiri Pejuang Subuh Tembilahan INHIL


Saya Taufiqurrahman panggil saja Taufik Setelah menyelesaikan SMK tahun 2005 saya melanjutkan kuliah di Pekanbaru hanya satu tahun saja karena biaya juga akhirnya saya harus stop kuliah maka saya putuskan pulang ke Tembilahan saja karena belum ada kepastian untuk melanjutkan kuliah di Tembilahan pada tahun 2006 itu saya memutuskan pergi ke Batam saja untuk mencari kerja disana semoga saja saya bisa kerja sambil kuliah.

 

2006 : setelah sampai di Batam alhamdulillah saya mendapatkan pekerjaan walaupun harus mencari cari hampir 2 bulan belum mendapatkan kerja padahal pada saat itu saya sudah sedikit pesimis, ketika saya memutuskan besoknya untuk kembali Tembilahan tiba tiba saya mendapatkan telepon diterima bekerja Alhamdulillah.

 Saya mulai bekerja di perusahaan otomotif sebagai penjaga stand hingga suatu hari saya ditugaskan menjaga stand pameran di salah satu mall tepatnya pada hari jum'at. Berangkatlah saya untuk jum'atan di masjid terdekat dari mall itu, pada saat itulah saya mendengarkan Imamnya begitu Indah membaca alquran maka saat itu saya mencari-cari info untuk belajar alquran dengan beliau alhamdulillah saya dapat belajar alquran bersama imam tersebut dia adalah Ustadz H. Abdul Rouf, S.Pd.I, M.Pd dia yang menjadi guru mengaji sana di Batam dan saya juga belajar bersama Ustadzah Sulikah, S.Pd.I, M.Pd. Ternyata saya ingin belajar malah disuruh dari awal lagi yakni belajar Iqro' kebayangkan sudah bisa mengaji tapi belajar dari awal hehe ternyata mereka membenarkan bacaan saya dari huruf_hurufnya satu persatu itu terbukti saya rasakan manfaat bacaan alquran yang didapati sekarang sehingga saya bisa mengajarkan kepada yang lain.

 

Dari situlah saya mulai mengenal dengan dunia Remaja Masjid maklum saya kan belajarnya di masjid tempat beliau menjadi Imam tersebut. Cukup lama saya belajar bersama beliau lebih kurang 2 tahun sehingga disitulah saya aktif di remaja masjid banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan karena saya sangat tidak tahu dg dunia remaja masjid hehehe karena begitu bagusnya manajemen dari remaja masjid itu nama masjid nya masjid Nurul islam muka kuning batamindo.

 

Pada suatu hari saya pergi bersama teman satu kegiatan remaja masjid tersebut beliau adalah Ardiansyah orang aceh tapi tinggal di Medan tiba tiba saya berkata ke beliau "saya ingin sekali membuat kegiatan seperti yang kita rasakan ini dikampung saya dengan mengumpulkan anak anak sekolah yang ada disana dan disatukan dengan satu wadah" inilah kata yang selalu teringat dalam hati saya sampai saat ini karena ini adalah sebuah impian.


Qadarullah pada tahun 2010 saya pulang kampung saya yaitu Tembilahan. Awal-awal saya coba mencari tahu ustadz-ustadz disana dan mencoba bertemu dengan ustadz-ustadz untuk berbagi cerita dan pengalaman untuk menghidupkan remaja masjid tapi ribet sekali karena mereka menyuruh saya menyiapkan proposal itupun kalau di okekan, dalam hati saya koq begitu ribetnya disini untuk berbuat kebaikan saja akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk mengajukan kegiatan tersebut.

 

Tibalah pada Bulan Ramadhan karena biasanya saya dibatam itu kalau 10 terakhir ada i'tikaf bersama di remaja masjid maka setelah sholat tarawih saya pulang kerumah dulu untuk pergi ke masjid yang sudah saya fikirkan itu, saya siapkan segala keperluan untuk itikaf eh.... Ternyata masjid tesebut terkunci dan sudah dimatikan lampunya akhirnya itikaf saya tidak jadi dilakukan dan pulang kerumah saja.

Alhamdulillah saya bisa mengulang kembali kuliah di Tembilahan sehingga sayapun aktif di lembaga dakwah kampus tersebut sehingga saya tidak terlalu memikirkan lagi untuk kegiatan diluar kampus dalam kegiatan islaminya karena sudah ada di lingkungan kampus dan saya juga aktif bermain sepakbola sehingga saya banyak disibukkan dengan kegiatan olahraganya sampai tidak kenal waktu dan ketika kegiatan kampus sudah mulai berkurang karena sudah di semester atas hanya sibuk dengan sepakbola dan futsal saja bahkan saya disibukkan dengan turnamen turnamen lokal disitulah saya mulai futur lagi sehingga semangat dakwah sudah mulai berkurang.

 

Saya kuliah sambil kerja juga. Pada tahun  2014 terjadi insiden ketika ada ujicoba lawan tim lain di klub tempat saya bermain pada saat itulah saya mengalami cedera di lutut ketika ditabrak salah satu pemain lawan tersebut akibat dari itu semua saya tidak bisa lagi untuk bermain sepakbola atau futsal karena cedera lutut tendon.

 

Disitulah mulai berkurangnya aktifitas lama saya dan saya mulai mau mengikuti pengajian-pengajian lagi karena saya sudah merasakan kurang sekali saya mengikuti pengajian seperti dulu. Akhirnya saya mencari tempat pengajian maka dapatlah saya info ada pengajian hadits setiap malam jumat di tempat Ust. H. M. Effendi, Lc dimana pengajian itu tidak banyak sekali anak-anak muda yang ikut itupun dilaksanakan dirumah beliau saja belum seperti sekarang di aula.

 

Saya melihat ustadz tersebut begitu bagus dalam penyampaian dan sangat cocok untuk kaula muda juga sehingga disitulah saya berfikir untuk mempromosikan pengajian ustadz tersebut lewat broadcast bbm dan facebook. Maka langkah awal saya buatlah grup fb Media Dakwah Tembilahan disitu saya mulai mempromosikan dan mengajak anak-anak muda ikut pengajian beliau setiap malam jumat alhamdulillah adalah hasil walaupun belum maksimal yang datang.

Sambil saya mengikuti pengajian beliau saya juga mulai senang mendengarkan ceramah di youtube sehingga kalau saya bekerja saya sering mendengarkan youtube tersebut terutama saya suka mendengarkan ceramah Buya Yahya dan Ust. Bachtiar Nasir.

 

Ketika saya ada jadwal piket pada saat itu sepupu saya sadam selalu datang ke tempat kantor saya untuk kumpul dan cerita-cerita saja ketika saya piket dan saya pun mengajak beliau untuk mendengarkan ceramah-ceramah di youtube dan juga saya mengajak beliau untuk ikut pengajian di tempat Ust. H. M. Effendi, Lc alhamdulillah beliau mau dan suka juga mendengarkan ceramah buya yahya dan ustadz bachtiar nasir hingga pada saat saya piket malam beliau ikut tidur dikantor bersama saya, seperti biasa kami selalu membuka ceramah di youtube dan pada tengah malam nya kami terbukalah ceramah ustadz bachtiar nasir yang judulnya PEJUANG SUBUH sangat bagus sekali materi yang beliau sampaikan tentang sholat subuh begitu menggugah untuk orang yang berjuang menegakkan sholat subuh berjamaah beliau mengatakan kalau ingin memperbaiki semua keadaan kita mulailah dari sholat subuh berjamaah tidak terasa lebih dari 2 jam ceramah itu tapi kami sangat menikmati dan semakin membangkitkan semangat kami untuk selalu melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Tidak berapa lama sadam membuat grup bbm pejuang subuh Tembilahan dan saya termasuk admin bbm juga. Maka saat itu kami masukkan teman-teman yang kami kenal dekat yang memiliki bbm juga walaupun ada yang menolak dan ada yang menerima biasalah namanya juga grup tidak jelas hehe tujuan kami membuat grup itu hanya untuk mengajak orang ikut ke pengajian ust. Effendi saja dan sekalian bisa mempromosikan kalau ada pengajian-pengajian di tempat lain. Ya..  Alhamdulillah ada juga yang ikut ke pengajian ustadz effendi walaupun sedikit juga. Ya namanya juga perjuangan maka mulai hari itu kami sering menyebut kami pejuang subuh.

 

Selang berapa tiba-tiba saudara saya risvandri juga mau ikut kumpul di kantor saya untuk mendengarkan ceramah juga biasa berguru sama youtube hehehe ya andalan kami tetap ceramah buya yahya dan ustadz bachtiar nasir sampai-sampai kami ingin sekali bertemu dg ustadz bachtiar nasir itu tapi entah kapan karena belum kesampaian sampai saat ini.

 

Ketika risvandri sering ikut kumpul juga sehingga kami sering bertiga dikantor dan kami putar ulang lagi ceramah ustadz bachtiar nasir pejuang subuh itu untuk didengarkan ke risvandri. Singkat cerita risvandri buat grup WA Pejuang Subuh seperti biasalah kami bertiga admin nya dan kami masukkan lagi sebanyak banyak orang yang punya wa walaupun ada yang keluar hehe maklum grup tidak jelas untuk apanya hehehe melalui grup wa itu juga kami promosikan pengajian rutin jum'at itu. Alhamdulillah pelan pelan kawan-kawan di wa dan bbm semakin banyak yang ikut pengajian bersama ustadz efendi tersebut.

 

Pada suatu hari pimpinan tempat saya bekerja mengetahui kalau kami menamakan kami pejuang subuh tiba-tiba beliau turun dari lantai atas dan memberikan buku ke saya yang berjudul PEJUANG SUBUH tapi pada saat itu karena saya merespon biasa saja maka saya tidak tertarik untuk membaca buku tersebut akhirnya menganggur dirumah lebih dari satu Bulan.

 

Entah mengapa tiba tiba saja saya membuka buku itu dan saya mulai membacanya ternyata buku ini menarik sekali karena ada motivasi untuk mendirikan sholat subuh berjamaah ditambah dengan kisah kisah menarik dari orang yang memulai hijrah dengan merutinkan sholat subuh berjamaah. Baru pada saat itu saya tau bahwa pejuang subuh ini ada komunitas resmi nya karena disetiap kisah ada akun twitter mereka.

Tertarik saya untuk berkomunikasi langsung dengan mereka ini maka saya mention lah salah seorang dari kisah itu dialah Arisakti Prihatwono beliau ada Founder Pejuang Subuh maka saya mention beliau untuk meminta nomor wa beliau saya katakan kalau saya ingin membentuk pejuang subuh Tembilahan. Alhamdulillah beliau kasi nomor wa maka mulailah saya meminta pendapat beliau bagaimana caranya membentuk pejuang subuh didaerah saya dan beliau kirimkanlah file-file dalam membentuk komunitas tersebut ke email saya dan dimasukkan ke grup wa pejuang subuh nusantara.

 

Singkat cerita ketika saya sudah membaca buku itu saya tertarik untuk membedahnya dan sebagai penceramahnya ust. Effendi sendiri karena saya ingin orang lain juga merasakan kedahsyatan dari kisah dibuku itu dan motivasi untuk subuh berjamaah nya terutama ketika ada kisah Anas bin malik ketika menaklukkan negeri tastar akibat sengitnya perlawanan mereka dalam penaklukan itu sehingga terlewat waktu sholat subuh.

Maka saya buatlah rencana kegiatan bedah buku pejuang subuh dengan pemateri Ust. H. M. Effendi, Lc tepatnya pada tanggal 10 April 2016 untuk membuat acara itu. Untuk mengajak orang untuk ikut maka saya bbm secara pribadi dan message langsung fb kepada siapapun saya tanyakan langsung ada acara hari minggu kalau tidak ada saya mengajak untuk acara bedah buku tersebut. Maka saya mulai list satu persatu orang yang mau ikut karena pada saat itu saya minta untuk infaq 5.000 karena untuk membayar ustadz dan untuk konsumsi minuman mineral saja.

 

Tibalah pada hari acara tersebut alhamdulillah banyak juga yang hadir lumayan lebih kurang  70 anak anak muda walaupun banyak yang tidak hadir maklum kan acaranya waktu subuh hehe... Begitu menggugah sekali penyampaian dari ust. Effendi tentang sholat subuh sehingga membuat anak anak muda tersebut betah dengan kajian tersebut. Pada saat itulah atas bantuan teman saya mirwan mengangkat berita kegiatan ini di www.detikriau.com dengan judul PULUHAN PEMUDA INHIL GALAKKAN SHOLAT SUBUH BERJAMAAH. Mirwan mengatakan kalau berita itu banyak sekali yang membagikan dan banyak yang membacanya bg..  Biasanya kalau buat berita tidak sebanyak ini bg yang bagikan... Alhamdulillah langkah awal yang baik dan saya kirim berita itu ke pejuang subuh nusantara dan saat itu juga mulai saya di masukkan di Admin PS Nusantara oleh pengurus pusat PS


Maka pada saat itulah dibuat Grup FB Pejuang Subuh Tembilahan oleh Said Abdul Azis. Maka saya rencanakan membuat kegiatan seperti ini lagi dimana pada awal awal itu sudah tergabung juga Said Abdul Azis, Syarifuddin, Misranik, Dzuliandra, Abdul Rahim, Rahmat Darmansyah.

 

Makanya kami rencanakan kegiatan pada tanggal 24 April 2016 bertepatan dengan isra mi'raj nabi Muhammad SAW. Sebenarnya target dari kegiatan ini untuk membentuk komunitas pejuang subuh Tembilahan. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan masih juga yang mengikuti nya tapi setelah acara selesai itulah saya ajak yang lain untuk bertahan untuk membentuk kepengurusan pejuang subuh Tembilahan.

 

Ya Alhamdulillah pada pagi itu mereka orang hebat hebat itu adalah Mansari, Mulyono, Misranik, Dzuliandra, Said Abdul Azis, Risvandri, M. Halidi, Chairul Mubarok, Sardi,  M. Syahrul, M. Johan dan Abdul Rahim.

Aku mencintai kalian karena Allah SWT.

Maka Ahad, 24 April 2016 terbentuklah secara resmi yang dulunya hanya komunitas kecil saja dengan beberapa orang saja yaitu PEJUANG SUBUH TEMBILAHAN. 

Tidak ada komentar