ads header

Breaking News

Qurban Tidak Sah Karena Akad Oleh Ustad H.M.Effendi, Lc

 


Syarat Dari ibadah Qurban adalah kata Ulama yang pertama yang harus diperhatikan binatang yang akan di qurbankan harus sesuai umur minimal 2 tahun ke atas, jangan pilih yang sudah penyakitan ataupun kurus tapi pilih lah yang sehat dan gemuk, ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasul, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?? Rasul menjawab sedekah ketika engkau sedang sehat dan memiliki rezeki, kalau engkau mampu dan bisa berikanlah semampu mu walau hanya segelas air, tapi ketika kita memang mampu memberikan yang lebih dari segelas air kenapa tidak, Ketika kita menukar hewan qurban jangan di sembelih dulu sebelum akad jual belinya terjadi kecuali sudah diizinkan si pemilik awal. Jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan setelah qurban telah dilaksanakan, maka dari itu fiqh qurban haruslah kita pelajari apalagi kita sebagai panitia pemotongan dan penyaluran hewan qurban.


Tidak Sah Qurban seseorang kalau hewan qurban itu milik orang lain, karenanya penjual dan pembeli harus ridho ketika melaksanakan transaksi tersebut tidak ada yang dirugikan. Kemudian hewan yang akan diqurbankan tidak berhubungan dengan orang lain contoh hewan yang akan diqurbankan di gadaikan dengan orang lain oleh si pemilik. 
1 ekor kambing untuk 1 orang, 1 ekor lembu untuk 7 orang,
Hendaklah penyembelihan hewan qurban dilakukan Setelah sholat idul adha 10 Dzulhijjah sampai 11,12,13 Dzulhijjah (Hari Tasyrik).

Adab-Adab yang harus kita perhatikan saat penyembelihan hewan qurban diantaranya adalah Tajamkan alat sembelih kita tapi jangan di depan hewan qurbannya, hendaklah membedakan lokasi penyembelihan dengan pengumpulan hewan qurban, tidak menyakiti saat membaringkan hewan qurban, tidak berlama-lama saat ingin menyembelih, hendaklah dipastikan mati hewan qurban baru di proses pengulitan dan proses lainnya..

Apakah ketika kita berqurban lalu ketika hari penyembelihan melihat hewan qurbannya kurus bisa menjadikan kendaraan kita di akhirat?? Allah memberikan pahala karena Ketaqwaan kita bukan karena kurusnya hewan qurban namun yang harus kita ketahui semakin mahal harga hewan qurban maka semakin bagus jugalah hewan qurbannya.. ini yang harus di pikirkan oleh panitia.

Afdhal aqiqah daging harus di masak sebelum diberikan keorang lain sedangkan qurban afdhol sebelum dimasak diberikan ke orang lain, Segala kebenaran hanya Milik Allah.

1 komentar: